Thursday 20 May 2010

Tentang Tentangan Pada Biofuel

Posted on 18:51 by Tunjung Tri Utomo


Biofuel adalah SOLUSI JANGKA PENDEK dan TIDAK BISA BERDIRI SENDIRI,ini yg mesti dipahami untuk mencegah kesalahpahaman. Munculnya banyak tulisan yg mengkritik biofuel justru memacu kerusakan lingkungan adalah karena ekspektasi tidak proporsional bahwa biofuel adalah jawaban dari permasalahan energi dunia. (CV DUA MITRA,bio-alternative solutions).

Biofuel tetaplah berbasis hidrokarbon,yg membuatnya tetap akan menghasilkan emisi karbon.Sasaran kebijakan energi alternatif dunia adalah bahan bakar rendah emisi karbon.Dimana sumber energi yg nantinya kita gunakan diharapkan tidak lagi menghasilkan atau amat sedikit menghasilkan emisi karbon (yg merupakan kontributor terbesar pemanasan global),seperti yg kita lihat pada konsep fuel cell,photovoltaic cell,wind power electricity generator dll.

Namun mengapa tetap layak mengembangkan proyek biofuel?Adalah konsep nett atmospheric carbon yg membuatnya layak,yaitu jumlah carbon yg sudah berada di atmosfer baik itu yg tersedia bebas maupun yg terikat didalam biomass.Membakar bahan bakar berbasis biomass tidak akan menambah angka nett atmospheric carbon,bandingkan jika terus menggunakan bahan bakar berbasis fossil,maka litospheric carbon atau karbon yg terikat didalam lapisan tanah,akan kita pindahkan ke atmosfer sehingga angka nett atmospheric carbon pun akan meningkat.

Penelitian lanjutan juga telah menghasilkan biofuel generasi ke-2 dan 3 dimana biomass yg digunakan terus diusahakan untuk semakin nature friendly dan social friendly.Semisal biofuel yg dihasilkan dari tanaman yg sesedikit mungkin menggunakan lahan produktif (bio friendly) dan bukan merupakan tanaman yg berhubungan dengan konsumsi pangan masyarakat,and thus society friendly.

Secara makro,tentu saja upaya pengembangan biofuel hanyalah sebagian kecil dari upaya pengembangan energi alternative secara keseluruhan.

No Response to "Tentang Tentangan Pada Biofuel"

Leave A Reply